sprasa
Ucapan MTQ Kabupaten
Tabligh Akbar Majelis Dzikir dan Haul Syekh Abdul
Hari Santri
Anwar Sadat Jadi Irup pada Upacara HUT Pramuka ke - 61 Tingkat Kabupaten Tanjabbarat

Anwar Sadat Jadi Irup pada Upacara HUT Pramuka ke - 61 Tingkat Kabupaten Tanjabbarat

PROKOPIM - TJB | KUALATUNGKAL - Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Tanjab Barat, menjadi Inspektur Upacara pada Upacara HUT Pramuka ke 61 Tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tanjung Jabung Barat Tahun 2022. Senin (26/09). 


Upacara dilaksanakan di halaman Kantor Bupati tersebut, juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati sekaligus Wakamabicab, Sekretaris Daerah sekaligus Ketua Kwarcab, Ketua DPRD beserta Unsur Forkopimda, Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional, serta diijuti oleh pengurus Kwarcab, perwakilan anggota pramuka baik Siaga, Penggalang, dan Penegak pramuka di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.


Bacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, Bupati sampaikan bahwa Peringatan Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022  dengan tema "Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa"  memberikan makna dan tekad untuk terus mengabdi tanpa batas diberbagai bidang khususnya bagi anggota pramuka.

"Pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia Pramuka Siaga, adik-adik telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. Cara itu dilakukan di lingkungan di mulai dari keluarga kita masing-masing maupun di lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal kita." Ujarnya.


"Saat ini, seluruh wilayah di belahan dunia termasuk Indonesia, masih dalam situasi pandemi COVID-19. Dalam membantu mengatasi dan menanggulanginya, gerakan pramuka telah melakukan banyak hal. Dirinya berharap agar kegiatan ini terus dilaksanakan, sehingga pandemi COVID-19 segera melandai. Hingga pramuka bisa lebih leluasa mengadakan berbagai kegiatan kepramukaan," tambahnya.


Selain itu, Bupati juga sebut bahwa pada tahun ini, akan ada sejumlah kegiatan nasional terkait pramuka, yang di antaranya Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) Tingkat Nasional di Sumatera Selatan, Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka) Tingkat Nasional di Bangka Belitung, dan Perkemahan Bela Negara di Bengkulu. Terkait hal itu, Bupati mengajak kepada semua oihak untuk dapat berpartisipasi dalam mendukung dan ikut menyukseskan kegiatan-kegiatan tersebut.


Kegiatan HUT Pramuka ke 61 tingkat Kwarcab Tanjung Jabung Barat juga dirangkai dengan pemberian penghargaan Lencana Darma Bakti kepada Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah yang disematkan langsung oleh pembina Upacara yakni Ketua Mabicab Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag.


Penghargaan lainnya juga turut diberikan diantaranya Penghargaan Lencana Melati, Lencana Karya Bakti, Penghargaan Tokoh - Tokoh Pramuka, Lencana Pancawarsa dan Lencana Pramuka Garuda Penggalang.