sprasa
Ucapan MTQ Kabupaten
Tabligh Akbar Majelis Dzikir dan Haul Syekh Abdul
Hari Santri
Bupati Tanjab Barat Ikuti Rakor Inspektur Daerah Se-Indonesia Tahun 2023 Secara Virtual

Bupati Tanjab Barat Ikuti Rakor Inspektur Daerah Se-Indonesia Tahun 2023 Secara Virtual

PROKOPIM - TJB | KUALATUNGKAL - Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag, hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Inspektur Daerah Seluruh Indonesia Tahun 2023 yang dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.


Kegiatan yang diikuti secara virtual dari Rumah Jabatan Bupati ini, juga turut dihadiri oleh Wakapolres Tanjab Barat, Kasi Intel Kejari Tanjab Barat, Inspektur dan OPD terkait. 


Dalam sambutannya Mendagri, Tito Karnavian, mengatakan bahwa anggaran negara merupakan tulang punggung untuk pertumbuhan ekonomi. Menurutnya agar penggunaannya efektif dan efisien, harus digunakan tepat sasaran sesuai kebutuhan daerah masing-masing.


Pada kesempatan yang sama, Tito Karnavian berpesan kepada seluruh Kepala Daerah agar mensosialisasikan generasi muda di wilayahnya untuk bekerja di swasta sebagai entrepreneur, sehingga diharapkan mereka nantinya bisa membuka lapangan kerja untuk orang banyak.

Sementara itu, Inspektorat Jenderal Kemendagri Irjen. Pol Tomsi Tohir Balaw dalam laporannya menyampaikan bahwa Rakor ini diisi dengan empat kegiatan utama yakni penandatanganan nota kesepahaman; launching aplikasi APIP; penandatangan perjanjian kerja sama terkait pengawasan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS); dan pengawasan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kesehatan.


Ditemui usai kegiatan, Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag, mengatakan sebelumnya Mendagri juga meminta untuk melakukan kerjasama antara Kepolisian, Kejaksaan dan Pemerintah Daerah. 

“Intinya agar Kepolisian dan Kejaksaan betul-betul memberikan dukungan terhadap program-program yang dijalankan pemerintah sehingga Pemerintah Daerah tidak ragu-ragu untuk menjalankan program yang berkaitan dengan penurunan angka stunting, penurunan angka kemiskinan serta lajunya inflasi yang terjadi di Provinsi Jambi” ujarnya. 


Lebih lanjut Bupati mengatakan rapat Inspektur hari ini untuk menegaskan kembali kerjasama fakta integritas Pemerintah Daerah yaitu antara APIP dan APH sehingga betul-betul berkolaborasi dalam rangka membangun Kabupaten Tanjung Jabung Barat.