sprasa
Ucapan MTQ Kabupaten
Tabligh Akbar Majelis Dzikir dan Haul Syekh Abdul
Hari Santri
Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Apresiasi Langkah Pemkab dan Dekranasda Tanjab Barat Lestarikan Batik Lokal

Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Apresiasi Langkah Pemkab dan Dekranasda Tanjab Barat Lestarikan Batik Lokal

PROKOPIM - TJB | KUALATUNGKALKetua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj. Hesnidar Aris, SE, sampaikan apresiasi dan mengaku bangga dengan Dekranasda Tanjung Jabung Barat di bawah asuhan Ketua Dekranasda Hj. Fadhilah Sadat, hal itu disampaikan dalam zoom meeting yang merupakan salah satu rangkaian  kegiatan Peringatan Hari Batik Nasional Provinsi Jambi Tahun 2022. Kamis (29/09).

“Sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, kami bangga dengan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, karena di bawah pimpinan Ketua Dekranasda Hj. Fadhilah Sadat, Dekranasdanya benar-benar bergiat dari berbagai kriyanya, termasuk batik, songket, kemudian UMKM nya juga benar-benar berkembang dan terlihat pergerakannya,” ujarnya. 


Lebih lanjut, Ketua Dekranasda Provinsi Jambi juga mengatakan bahwa Batik Tanjung Jabung Barat menurutnya telah mengalami banyak perkembangan dan peningkatan, baik dari segi pewarnaannya maupun aspek lainnya.


Sebelumnya, Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag, yang juga mengikuti kegiatan tersebut, dalam laporannya menyampaikan bahwa Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebagai Kabupaten yang sangat peduli terhadap produk batik lokal, sangat antusias dalam menyambut Peringatan Hari Batik Nasional tahun 2022 ini. 

Menurutnya Pemkab Tanjab Barat Bersama Dekranasda terus berupaya dalam mengembangkan Batik khas Tanjab Barat, setidaknya sampai saat ini sudah ada lebih dari 100 jenis motif batik yang di elaborasi dalam satu tahun belakangan, dengan kearifan lokal yang ada seperti tumbuhan dan biota laut.


Selain itu, sebagai upaya dalam melestarikan serta mempromosikan Batik khas Tanjab Barat, Pihaknya memberlakukan peraturan penggunaan Batik khas Tanjab Barat setiap hari kamis bagi Pegawai di lingkup Pemkab Tanjab Barat.


Pada peringatan Hari Batik Nasional Tahun ini, Bupati juga sebut bahwa Pemkab Tanjab Barat juga berpartisipasi dalam menyemarakkan “Parade Pakaian Batik Jambi” dengan melibatkan OPD dan 1.200 Aparatur Sipil Negara dan Tenaga Kerja Honorer di lingkup Pemkab Tanjab Barat.

“Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah melaksanakan Parade Batik yang diikuti oleh seluruh OPD, dan pada hari ini kami juga mengumpulkan 1.200 ASN yang akan menyemarakkan Hari Batik Nasional tahun 2022 sekaligus Cinta Batik Provinsi Jambi,” jelasnya. 


Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Tanjung Jabung Barat, Ketua Dekranasda Tanjung Jabung Barat beserta Pengurus, Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD beserta seluruh staf dan Kabag di Lingkup Setda Tanjung Jabung Barat.