sprasa
Car Free Day
hari kebangkitan nasional
Hari Buruh
Mewakili Bupati, Sekda Buka Secara Langsung Rapat Pleno TPAKD

Mewakili Bupati, Sekda Buka Secara Langsung Rapat Pleno TPAKD

PROKOPIM - TJB | KUALA TUNGKAL - Mewakili Bupati Tanjung Jabung Barat, Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi, M. Si Hadiri sekaligus Membuka Secara Langsung Rapat Pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah(TPAKD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Rabu (22/06). 


Acara yang dilaksanakan di Pola Atas Kantor Bupati ini turut dihadiri oleh Kepala OJK Jambi, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Jambi/mewakili, Bursa Efek Jambi, kepala OPD di Lingkup Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kepala BPS Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kepala KPPN Kuala Tungkal, Asosiasi Jasa Keuangan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Para Kepala/Direktur Perbankan Kabupaten Tanjung Jabung Barat/mewakili, Ketua STAI An-Nadwah Kuala Tungkal/mewakili, Camat se-Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Pelaku Usaha Pengolahan Kopi dan Bumdes se-Kabupaten Tanjung Jabung Barat/mewakili. 


Kepala OJK Provinsi Jambi Yudha Nugraha Kurata dalam sambutannya menyampaikan TPAKD ini diarahkan dapat membantu dan mengurangi serta mencegah ketimpangan pembangunan sektor perekonomian dan menjadi media bagi masyarakat dalam membuka akses keuangan yang lebih produktif serta mengoptimalkan potensi sumber keuangan daerah bagi perkembangan sektor UMKM. 

“dengan adanya TPAKD Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini tentunya harapan kita bersama semoga dapat memetakan kebutuhan daerah dan memberi masukan serta rekomendasi kebijakan kepada pemerintah daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Pemerintah Kabupaten/Kota lainnya untuk dapat mengembangkan potensi daerah yang dimiliki dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan” Ujarnya. 


Sementara itu Bacakan Sambutan Bupati, Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi, M. Si menyampaikan titik berat pembangunan saat ini adalah mengurangi angka kemiskinan dan ketimpangan pendapatan masyarakat. 

“Untuk mengatasi kemiskinan dan ketimpangan masyarakat tersebut salah satu upaya yang harus kita lakukan yaitu dengan meningkatkan akses masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan karena akses keuangan menjadi syarat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah” ujar Sekda. 

Sekda juga menambahkan keberadaan TPAKD menjadi posisi strategis dalam melakukan percepatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. 

“Untuk itu kami meminta kepada TPAKD segera menyusun program-program yang memastikan terwujudnya akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat dan membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat”tambah Sekda. 


Lebih lanjut Sekda meyampaikan tugas TPAKD kedepannya untuk segera melakukan percepatan dan pengembangan sera mampu mengidentifikasi kebutuhan hubungan pengembangan ekonomi mikro dan UMKM di daerah disesuaikan potensi unggulan dan karakteristik daerah serta didukung oleh peran industri jasa keuangan. 

“Semoga dengan pertemuan ini nantinya kita dapat memberikan dampak baik bagi perubahan percepatan akses keuangan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan juga memberikan kemudahan akses modal UMKM dalam membantu meningkatkan kapasitas usaha mereka” pungkasnya. 


Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan Rapat Pleno yang dipimpin oleh Kabag Ekonomi.