sprasa
Ucapan MTQ Kabupaten
Tabligh Akbar Majelis Dzikir dan Haul Syekh Abdul
Hari Santri
Mewakili Bupati, Sekda Tanjab Barat Launching Kartu Program Indonesia Pintar

Mewakili Bupati, Sekda Tanjab Barat Launching Kartu Program Indonesia Pintar

PROKOPIM - TJB | KUALA TUNGKAL - Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi, M, Si Tanjung Jabung Barat Launching Kartu Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2022, senin (27/06).


Kegiatan yang diselenggarakan diaula MAN 1 Tanjung Jabung Barat juga dihadiri Kepala Kemenag Tanjung Jabung Barat H. A. Rahman Sayuti, S.Ag., M.H.I, Plt MAN 1 Restu   Diyanto, S.Pd, Branch Manager PT Bank Mandiri Kuala Tungkal Eko Ayatullah Makhfuz, Majelis Guru beserta siswa - siswi MAN 1.


Bacakan sambutan Bupati, Sekretaris Daerah H. Agus Sanusi mengatakan, Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan program yang diprakarsai oleh Presiden Joko Widodo, bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin guna membiayai pendidikan, sehingga dapat membantu biaya personal pendidikan peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.

"Jadi diharapkan kepada adik - adik pergunakanlah bantuan dari Pemerintah ini dengan sebaik mungkin. Jangan dipergunakan untuk tujuan yang bukan untuk kebutuhan sekolah, dibelikan pulsa untuk tiktokan misalnya, ataupun untuk bermain game dibelikan chip duitnya, jangan ya." Harap Sekda.


Lanjut Sekda, kepada anak - anak MAN 1 juga harus menamkan dalam diri bahwa kesempatan hidup dengan rezeki yang ada hari ini, diberikan kesempatan sekolah adalah anugrah Allah SWT. apabila dapat memanfaatkan kesempatan ini, saya yakin dan percaya akan menjadi orang-orang besar, mudah-mudahan Allah SWT membukakan peluang dan kesempatan.

"Kata orang tua dulu, jika hendak senang di dunia, maka hendaklah ia menuntut ilmu. jika menginginkan akhirat hendaklah ia juga menguasai ilmu. Kalaupun nanti setelah sekolah belum memiliki pekerjaan, tapi kita sudah memiliki dasar Ilmu, teruslah berusaha dan berdoa." Tutup Sekda.


Sementara itu Branch Manager PT Bank Mandiri Eko menyampaikan proses pencairan dana tersebut sudah melalui jasa perbankan. Total siswa – siswi penerima Se-tanjab barat sebanyak 1.639 siswa. Besarannya 750.000 per orang per tahun, untuk Madrasah Tsanawiyah atau Sederajat dan 1 juta rupiah untuk Madrasah Aliyah atau Sederajatnya. 

"Pencairan melalui Bank memiliki keuntungan dan manfaat yang didapat, mulai dari sisi keamanan, pengeluaran yang transparan, dan juga anak-anak memiliki tabungan sendiri. Jadi kalaupun masih ada kesulitan mencairkan, pihak kami akan siap membantu adik - adik sekalian." Pungkasnya.


Kegiatan dilanjutkan penyerahan simbolis kartu Program Indonesia Pintar dari Branch Manager Bank Mandiri Kuala Tungkal kepada Sekretaris Daerah lalu kepada Siswa MAN 1 Tanjung Jabung Barat, diakhiri dengan Foto bersama.